cara terbaru budidaya tanaman tomat agar cepat panen


tomat merupakan tanaman yag barasal dari amerika tengah dan selatan. tanaman yang memiliki nama latin (Lycopersicon esculentum L) yang memiliki syarat tumbuh yang ideal di suhu 20-27 derajat celcius dengan curah hujan 750-250mg pertahun. dan tanaman ini bisa hidup normal dengan ketinggian kisaran 0-1500 mdpl.

tomat digolongkan sebagai tanaman sayuran dan buah buahan, manfaat yang yerkandung dalam buah atau sayuran sangat tinggi. dipercaya masyarakat amerika tomat sebagi pencegah penyakit dan penyembuh penyakit.

LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DI LAKUKAN DALAM BUDIDAYA DOMAT SEBAGAI BERIKUT:

1. PEMBIBITAN
kriteria-kreteria teknis untuk seleksi benih tomat adalah:
  • pemilihan biji yang utuh,tidak cacat atau luka karena biji yang cacat akan sulit tumbuh
  • pilih biji yang sehat, yang berarti bibi yang kelihatannya tidak terserang hama atau penyakit
  • benih bersih dari kotoran
  • pilih benih yang tidak keriput
 2.PENYIAPAN BENIH
pengadaan benih tomat dapat dilakukan dengan 2 cara,yaitu dengan cara membeli benih di toko atau membuat benih sendiri, jika membeli benih di toko hendaknya beli di toko yang terpercaya

3.PENYEMAIAN BIBIT TOMAT

benih tomat yang telah terpilih sebelum di semai sebaiknya didesinfectan caranya,dengan merendam benih kedalam larutan fungisida agar mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit.
ada beberapa  cara menyemai dalam bedeng penyemaian.cara pertaman beni tomat di taburkan secara merata pada permukaan bedeng kemudian ditutup tipis tipis dengan tanah.

bedeng dibuat guritan sedala 1cm dengan jarak 5cm antar guritan. lalu biji ditaburkan kedalam guritan secara merata.
penyemaian juga langsung dapat dilakukan di kantong-kantong  polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kandang, setiap kantong polybag diisi satu benih saja dengan perkantong.
tanamkan benih dengan kedalaman sekitar 1cm.setelah biji di tanam media semai sebaiknya dibasahi dengan air.

4.PEMELIHARAAN PEMBIBITAN

selama awal pertumbuhan pemeliharaan harus dilakukan secara insentif
  • penyiraman
penyiraman dilakukan 2 hari sekali, dengan menggunakan alat pemyiram yang lubangnya kecil kecil
agar tidak merusak tanaman yang baru tumbuh.
  • penyiangan
penyiangan dapat dilakukan secara langsung dengan cara mencabut tanaman penggangu tanpa menggunakan alat. penyiangan sebaiknya dilakukan seperlunya saja dengan melihat kondisi tanaman
  • pemupukan 
pada media persemaian selaian diberikan pupuk kandang,sebaiknya juga diberikan pupuk kimia NPK secukupnya sebagai pupuk tambahan  yang diberikan setelah benih tumbuh menjadi bibit.

5.PEMINDAHAN BIBIT
bibit tomat dapat dipindahkan kekebun setelah berumur 30-45 hari dipersemaian pada saat dilakukan penanaman ke kebun yang sebaiknya dilakukan lagi terhadap bibit-bibit yang telah berumur 30-45 hari agar diperoleh tanaman yang baik pertumbuhannya dan memiliki daya prokduktifitas yang tinggi dalam menghasilkan buah. untuk itu ,bibit yang dipilih sebaiknya berpenampilan menarik yaitu penampakannya segar dan daun daunya tidak rusak, pilihlah bibit yang kuat yaitu pertumbuhanya tegak  dan pilihlah bibit yang sehat.



Comments

Popular posts from this blog

BUDIDAYA TANAMAN SAWI CEPAT PANEN TANPA PUPUK KIMIA

cara terbaru menanam biji cabe agar cepat tumbuh , berbuah lebat dan tahan terhadap penyakit

CARA EFEKTIF MENANAM JAHE GAJAH DI LAHAN SEMPIT 2017